pemeliharaan jalan

Pemeliharaan Jalan – Jalan raya merupakan prasarana bagi transportasi darat. Yaitu tempat orang-orang melintasi atau akses menuju satu lokasi ke lokasi yang lain. Jalan ini merupakan bagian dari program pemerintah yang ingin memudahkan masyarakatnya melakukan kegiatan sehari-hari. Tak hanya itu, banyak manfaat-manfaat yang bisa kita dapat dari jalan raya ini, antara lain:

  1. Sebagai Alat Penghubung

Jalan raya adalah alat penghubung antara jalan satu dengan jalan yang lainnya. Sehingga tanpa jalan raya, seseorang akan kesulitan mengakses ke sebuah lokasi.

  1.  Mempermudah Segala Hal

Banyak kegiatan yang kini berhubungan langsung dengan jalan raya. Seperti contohnya pada saat seseorang hendak melakukan perjalanan dari rumah sampai sekolah. Tentu saja ia membutuhkan jalan menuju ke sekolah, umumnya pada saat sekolah itu jarak yang cukup jauh. Jadi akan lebih efektif dan efisien ketika memakai kendaraan menuju ke sekolah. Sementara jalan menuju sekolah, jika akses yang terlewati berupa jalan raya, maka perjalanan akan semakin mudah.

  1. Hidup Masyarakat Lebih Aman

Manfaat ketiga yang bisa kita dapat dari jalan raya yaitu hidup masyarakatnya lebih aman. Hal ini karena jalan raya akan lebih mudah untuk melakukan segala kegiatan yang berkaitan dengan kendaraan. Atau juga hal lain yang berhubungan dengan kendaraan, pada saat seseorang melakukan perjalanan tentu mereka akan lebih merasa aman. Yaitu pada saat jalan yang kita pakai halus dan tidak bergelombang. Jalan yang halus dan tidak bergelombang akan membuat pengguna jalan lebih senang dan memberi rasa aman serta nyaman. Keamanan berkendara menjadi mudah sehingga bisa mematuhi tata tertib lalu lintas.

  1. Nyaman

Sama seperti dengan penjelasan sebelumnya, pada dasarnya, keamanan yang di rasakan oleh seseorang bisa memberikan rasa nyaman pada seseorang tersebut. Itulah mengapa secara manfaat jalan raya tidak hanya membuat hidup jadi lebih aman tetapi juga membuat hidup lebih nyaman. Kenyamanan dalam hidup selain dukungan jalan raya, juga dukungan hal-hal lain yang berkaitan dengan jalan raya.

Pemeliharaan Jalan

Untuk mewujudkan manfaat-manfaat tersebut supaya pengguna jalan dapat merasakannya, butuh jalan yang berkualitas terpelihara. Karena tanpa ada kedua hal tersebut, jalan raya akan sama dengan jalan-jalan tradisional, yaitu dapat membahayakan pengguna jalan.

Pemeliharaan jalan adalah kegiatan yang berhubungan dengan perawatan dan perbaikan jalan yang dibutuhkan dan direncanakan untuk mempertahankan keadaan jalan agar tetap berguna secara maksimal melayani lalu lintas sesuai umur jalan yang sudah ditetapkan. Pekerjaan pemeliharaan konstruksi jalan ini adalah pekerjaan yang sangat penting untuk dilakukan sebab pembuatan jalan bisa mengeluarkan biaya modal yang besar, sehingga apabila tidak dilaksanakan pemeliharaan jalan, maka bisa saja suatu saat mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi untuk perbaikan jalan akibat kerusakan.

Pengguna jalan di mana pun pasti ingin jalan yang dilewatinya selalu memberi ruang yang nyaman dan aman, tetapi demikian perkerasan jalan sejatinya mengalami penurunan kualitas seiring dengan berkurangnya umur pelayanan. Sebab perkerasan secara terus-menerus mengalami regangan akibat beban lalu lintas yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada perkerasan. Selain itu, faktor-faktor lain juga bisa berpengaruh, seperti air, iklim, cuaca, kelembaban dan lingkungan yang bisa menurunkan keadaaan pelayanan jalan.

Dengan begitu, karena karakteristik jalan akan terus menurut, maka untuk bisa menghambat laju kecepatan penurunan kondisi dan mempertahankan kondisi jalan pada tingkat performance standard, maka jalan harus terus dipelihara. Untuk mewujudkan pemeliharaan jalan yang hasilnya bisa memenuhi tuntutan para pengguna jalan bukanlah pekerjaan yang mudah sebab dibutuhkan deteksi dan perbaikan sedini mungkin terhadap perkerasan untuk mencegah kerusakan yang bisa berkembang menjadi kegagalan konstruksi jalan.

Apa Saja Tujuan Pemeliharaan Jalan?

Secara harfiah, pemeliharaan jalan bertujuan untuk:

  1. Mempertahankan keadaan jalan supaya tetap berguna dalam melayani lalu lintas, sehingga keselamatan lalu lintas terjamin dan pelayanan jalan bisa terus meningkat. Dalam artian, kecelakaan yang disebabkan oleh kondisi jalan yang buruk bisa ditekan semaksimal mungkin dan kondisi jalan yang baik akan membuat para pengguna jalan menikmati kenyamanan selama menggunakan jalan.
  2. Tingginya biaya operasi kendaraan tergantung pada jenis kendaraan, geometri dan kondisi jalan, jika jalan dalam kondisi baik, maka biaya operasi kendaraan tidak meningkat, sementara yang sangat berkepentingan dengan jalan adalah pengguna jalan.
  3. Mengurangi laju kerusakan sehingga diharapkan bisa memperpanjang usia jalan.

Jika kita lihat dari segi teknis, kegiatan pemeliharaan jalan adalah usaha yang kita lakukan untuk mencegah air ke lapisan perkerasan jalan yang mengalami retak sebab terjadinya kondisi lapuk dan upaya menahan beban lalu lintas yang bisa menyebabkan pengikisan dan tekanan terhadap lapis permukaan perkerasan, sehingga akhirnya terjadi kelelahan atau fatigue pada struktur jalan.

Baca Juga

Kegemukan Aspal

Penyebab Keausan Jalan

Jenis Pemeliharaan Jalan Berdasarkan Frekuensi Pelaksanaan

Hal ini mencakup:

  1. Pemeliharaan Rutin

Kegiatan pemeliharaan rutin merupakan kegiatan yang kami laksanakan secara terus menerus sepanjang tahun, kegiatan ini mencakup:

  • Perawatan permukaan jalan, yang termasuk:
  • Perbaikan kerusakan kecil
  • Penambalan lubang
  • Pemburasan
  • Perbaikan kerusakan tepi perkerasan
  • Perawatan trotoar
  • Saluran samping
  • Drainase bangunan pelengkap jalan
  • Pelengkap jalan
  • Perawatan bahu jalan
  1. Pemeliharaan Berkala

Pemeliharaan berkala merupakan kegiatan pemeliharaan jalan yang kami laksanakan hanya pada interval waktu tertentu, sebab keadaan jalan sudah mulai menurun, kegiatan ini mencakup:

  • Perbaikan
  • Levelling
  • Resealing
  • Overlay
  • Regrooving
  1. Rehabilitasi

Kegiatan pemeliharaan yang kami laksanakan untuk hal-hal yang sifatnya mendadak atau mendesak atau darurat akibat terjadinya kerusakan setempat yang cukup berat. Seperti contohnya jalan putus akibat banjir, longsor dan lain-lain. Kegiatan rehabilitasi ini mencakup semua kegiatan pengembalian keadaan jalan ke keadaan semua, yang mana harus kami lakukan secepatnya supaya lalu lintas tetap berjalan dengan lancar.

Hubungi Kami

Phone : 0817-956-1700

Ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai pemeliharaan jalan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan jalan? Kami greathotmixindo.com sebagai jasa pengaspalan juga akan menawarkan sesuatu yang spesial di mana mencakup pekerjaan aspal, perbaikan aspal dan lain-lain. Kami bisa anda andalkan, kami menjamin itu semua berjalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *