Pernah dengar istilah kegemukan pada aspal? Tentu, sebagian besar akan berimajinasi apa maksud dari istilah tersebut. Untuk lebih jelas dan detailnya, simak ulasan dan uraian berikut.


pengertian kegemukan pada aspal

Jalan merupakan aspek penting dalam kehidupan masyarakat. Jalan memegang peranan penting dalam pemerataan kesejahteraan masyarakat baik dari segi ekonomi, pendidikan, politik maupun sosial lainnya. Oleh karena itu tidak jarang jika jalan menjadi topik yang sangat populer, terutama soal kerusakan jalan.

Jalan memang diharapkan selalu mulus dan dapat menampung beban jalan dengan baik sehingga para pengguna jalan dapat melintasinya dengan nyaman dan aman.

Oleh karena itu, jalan memang sengaja dibangun dengan memperhatikan aspek-aspek tertentu. Beberapa hal yang sering menjadi pertimbangan adalah beban jalan dan frekuensi pengendara melintasi jalan tersebut. hal-hal tersebut sering kali menjadi penyebab kerusakan jalan jika tidak dipertimbangkan dengan tepat. 

Agar jalan tidak mudah rusak, pemerintah atau kontraktor jalan juga memilih material jalan yang tepat seperti penggunaan material aspal, beton atau bahkan material paving sekalipun. Semua material tentu memiliki kelebihan dan kekurangannnya masing-masing. Oleh karena itu, pemilihan material yang tepat haruslah menyesuaikan dengan kebutuhan jalan tersebut.

Walaupun semua aspek telah masuk dalam pertimbangan dengan baik, tidak menutup kemungkinan jika jalan akan mengalami kerusakan.

Karena faktor penyebab kerusakan jalan juga sangatlah beragam. Misalnya jalan aspal, Salah satu penyebab kerusakan jalan aspal adalah perubahan cuaca yang ekstrim. Hal ini tentu akan menyebabkan kerusakan pada jalan aspal. Karena penyebab kerusakan aspal bermacam-macam, maka jenis kerusakan jalan aspalpun bermcam-macam.

Salah satu jenis kerusakan aspal adalah kerusakan jenis kegemukan. Apakah anda sudah pernah mendengan kerusakan aspal jenis ini? jika belum, yuk simak penjelasan kami di bawah ini mengenai pengertian kegemukan pada aspal.

Baca juga : Jasa Pengaspalan Depok

Pengertian Kegemukan pada Aspal

Kegemukan pada aspal atau yang sering populer dengan bleeding atau flushing merupakan salah satu jenis kerusakan yang biasanya pemicunya karena sebagian atau seluruh agregat dalam campuran terselimuti aspal terlalu yang tebal.

Bukan tanpa sebab mengingat persentase material aspal dalam campuran lebih banyak dari yang seharusnya. Kegemukan pada aspal ini juga sering terjadi pada temperatur tinggi,. Saat itu, aspal menjadi lunak sehingga jejak roda kendaraan akan terbentuk pada permukaan aspal. Kerusakan jenis ini dapat terjadi pada sebagian atau bahkan seluruh permukaan aspal.

Ciri-ciri jalan aspal yang mengalami kerusakan ini adalah tampak lelehan pada permukaan jalan aspal. Aspal yang mengalami kerusakan ini juga akan terlihat lebih hitam dan mengkilat dari pada permukaan jalan aspal lainnya. Sehingga akan membuat jalan aspal menjadi licin.

Dan pada temperatu yang tinggi, aspal akan menjadi lunak dan memicyu jejak kendaraan sebagaimana pada penjelaasn sebelumnya.

Kesalahan dalam penentuan prosentase campuran aspal ini sering terjadi pada tahapan prime coat. Kerusakan jenis ini teratasi dengan menghamparkan atau menaburkan agregat panas yang kemudian melalui proses pemadatan

Atau juga bisa teratasi dengan pengangkatan lapisan aspal dan kemudian lanjut dengan menghamparkan lapisan penutup.

Kerusakan jenis ini merupakan kerusakan aspal yang harus segera tertangani , karena jika tidak segera tertangani, permukaan jalan yang licin akan sangat berbahaya bagi pengendara kendaraan yang melintas.

Selain itu, akan timbul lipatan-lipatan pada permukaan aspal atau bahkan jalan aspal akan berlubang dan dapat menyebabkan kecelakan pengendara kendaraan.

Great Hotmixindo Jasa Pengaspalan Terbaik dan Profesional

Oleh karena itu, dalam memilih jasa pengaspalan jalan, anda juga harus berhati-hati. Pilihlah jasa pengaspalan jalan yang memahami tentang pengaspalan jalan dengan baik.

Salah satu jasa pengaspalan Greathotmixindo yang terpercaya dan sudah memiliki banyak pengalaman dalam membangun jalan aspal dan sudah sering menemukan berbagai macam kerusakan jalan aspal.

Jadi anda tidak peru khawatir akan terjadi masalah ataupun kerusakan, termasuk kegemukan pada aspal yang seringkali menjadi kendala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *